Powered By Blogger

Kamis, 13 Januari 2011

Chapter 05 : ‘V’ For Vendetta (When Girls Go Rock!)

Dahulu, Saya terkagum-kagum dengan sosok Iwashita Chie, yang berperan sebagai gitaris cewek di band rock NIGHT HAWKS yang cukup berjaya pada awal dekade 90an. Saya juga salut dengan Ann Wilson dan Nancy Wilson ~ personil band rock lawas HEART. Saya juga suka dengan sosok Kuroneko ~ lead vocal band rock heavy metal asal Jepang; ONMYOUZA, yang permainannya kadang disandingkan dengan permainan musik a la IRON MAIDEN hingga JUDAST PRIEST, namun kental nuansa musik Jepang klasiknya (Kuroneko sendiri disebut-sebut dipengaruhi oleh Ann Wilson). Selain itu, Saya juga sempat nge-fans dengan Dolores O’Riordian ~ vocalist band alternative rock asal Irlandia; THE CRANBERRIES, Deborah ‘Debbie’ Harry ~ vocalist band pop/rock BLONDIE, hingga Amy Lee ~ vocalist band rock EVANESCENCE.
Berkiblat ke kancah musik rock di Indonesia, Saya lumayan suka dengan warna vokal Pia Fellini ~ vokalis band pop/rock UTOPIA, atau Kikan dari band rock COKELAT. Tentu saja, Saya tak akan membandingkannya dengan warna suara lead vocal band rock lawas asal barat macam Tarja Turunen (vokalis band rock NIGHTWISH, yang selanjutnya posisinya digantikan oleh Anette Olzon), Simone Simons (EPICA), Sharon den Adel (WITHIN TEMPTATION) atau Janet Gardner (mantan vokalis band rock cewek VIXEN). Tapi tetap saja, Saya merasa salut dengan vokalis cewek yang mau tampil dengan genre rock :) , karena menurut Saya, when girls go rock = cool! :mrgreen: mungkin itu sebabnya Saya langsung tertarik ketika ‘mengenal’ VENDETTA untuk kali pertama
vendetta
VENDETTA ~ yang merupakan proyek Prisa Rianzi setelah ZALA dan DEAD SQUAD ~ banyak dipengaruhi oleh band-band metal macam LAMB OF GOD, MEGADETH, ARCH ENEMY hingga TESTAMENT. Yang menarik dari band beraliran rock cadas ini ialah, para personilnya ~ Prisa (Gitar), Aya (Vokal), Nadya (Bass) dan Febby (Drum) ~ tetap tampil girly seperti halnya cewek-cewek ABG kebanyakan (lihat poster), dan sering digoda dengan diajak kenalan atau dimintai nomer HP-nya oleh para pengunjung atau penonton konser mereka.
Video VENDETTA yang pertama kali Saya tonton adalah ‘Now You’ve Got Something To Die For’, yang merupakan cover song band LAMB OF GOD. Itupun nonton secara tidak sengaja, lantaran waktu itu Saya sedang mencari rekaman profil Prisa yang muncul di acara Profesi Jakarta yang tayang di salah satu stasiun TV swasta (profil favorit Saya selain edisi Prisa adalah edisi penyanyi relijius Opick dan duo komikus Benny Rahmadi & Muhammad Misrad alias Benny & Mice). Baru setelah kembali menonton ulang video ini, Saya berlanjut dengan menonton klip ‘Hourglass’ (juga merupakan cover song dari LAMB OF GOD) yang merupakan penampilan live VENDETTA di Marotti, pada 3 Maret 2007 silam, dan berlanjut dengan klip penampilan live VENDETTA membawakan cover songVengeance’ di PROST! Beer Kemang per tanggal 24 Februari 2009 lalu.
IMHO, kualitas permainan masing-masing personil sudah tak perlu diragukan lagi. Prisa bisa bermain apik; terbukti pula ketika duet bareng SAMSONS + Aura Kasih + Noe LETTO memainkan ‘Seandainya’ @ Star Mild Music RCTI per 15 Maret 2008, kualitas permainan Prisa OK juga (IMHO, jauh lebih bagus ketimbang permainannya ketika dia nge-jam bareng Dewa Budjana, Eet Sjahranie dan Tohpati di episode reality showEmpat Mata’ berjudul ‘Dewa Gitar’). Permainan Febby pun bisa dibilang sangat bagus, meski hanya menggunakan set drum standar permainannya tetap memukau. Gaya permainan agresifnya yang mengikuti permainan Chris Adler ~ drummer LAMB OF GOD, tentu saja membuat Saya salut kepadanya (selain rasa salut Saya kepada drummer Caroline Corr tentunya :P ). Tak ketinggalan, Nadya sang bassist juga mampu memainkan permainan musik yang lumayan halus. Sayangnya, Nadya sudah resign, karena sudah lulus kuliah dan ingin konsen ke pekerjaan. Announcement ini dimuat per 29 Maret 2009 lalu, sekaligus pengumuman dibukanya lowongan sebagai bassist untuk menggantikan posisi Nadya.
P.S:
To begin with, I purely fell for this indie band due to their skill. Since I watched Mike Portnoy’s video over and over again, I started to watch the technique played by the band. And when I saw the way Febby played the drum, I know that this band is quite skillfull. Plus, they’re girls! And their genre is rock. Well oh well, my genre is ROCK anyway… ;-0 even I’ve ever fell for the jazz lady; Mika Nakashima, just because she sangs rock songs in her album titled THE END

Tidak ada komentar:

Posting Komentar